Featured Product
Kopi Laqie Kopi Laqie merupakan produk kopi khusus lelaki yang terbuat dari perpaduan antara kopi dan herbal berkualitas tinggi. Selengkapnya... Teh Suqun Teh Suqun merupakan produk teh herbal dari PT. Mahkotadewa Indonesia. Teh seduh yang komposisi utamanya terbuat dari daun sukun, dimana menurut penelitian daun sukun sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang, jantung, ginjal, dan hati. Selain itu daun sukun juga diketahui mampu menurunkan kolesterol dan asam urat. Selengkapnya ...

Daun Ungu


Nama Latin
: ( Graptophyllum pictum (L.) Griff.)

Famili : Acanthaceae

Daerah :  Simalur : Pudin, Jawa tgh : Daun ungu, Sunda : Handeleum , Madura : Karaton, Bali : Temen , Ternate : Kadi-kadi, Tidore : Dongo-dongo

Asing :   Carricature plant

Sifat Kimiawi :  kaya kandungan kimia yang sudah diketahui a.l  Daun: alkaloid non toksik glikosod, steroid, saponin, tannin, lendir. Batang : calsium oksalat, asam format, lemak.

Efek Farmakologis :  Tumbuhan ini bersifat : peluruh kencing (diuretik), mempercepat pemasakan bisul, pencahar ringan (mild laxative), pelembut kulit (emolien)

Bagian tanaman yang digunakan :   Daun, kulit batang dan bunga.

Uraian tumbuhan :
Tumbuhan perdu berbatang tegak ini biasanya tumbuh liar di antara semak-semak di dataran rendah.
Tetapi tanaman ini juga banyak ditanam di pekarangan-pekarangan sebagai pagar hidup. Tinggi tanaman ini sekitar 1,5 – 3 m bahkan sampai 7 m. Daunnya yang lonjong berwarna ungu bergelombang pada pinggirnya dan letaknya saling berhadapan. Daun dan kulitnya berbau tidak sedap dan terasa berlendir. Bunganya berwarna merah tua, berupa bulir-bulir dan berbentuk bintang. Ujung daun kelopak bunganya besar dan berbentuk daun biasa berwarna putih.

Kandungan & Mantaat :
Daun wungu mengandung lendir yang bisa melunakkan kotoran sehingga mencegah terjadinya sembelit. T

Cara budidaya : Perbanyakan tanaman dg menggunakan biji atau stek batang. Pemeliharaan mudah, perlu cukup air dg cara penyiraman yg cukup, menjaga kelembaban dan pemupukan terutama pupuk dasar.

Penyakit yang dapat disembuhkan dan cara penggunaannya.
1.  WASIR : Daun segar 10 g, dicuci, rebus dengan 2 gelas air jadi 1 gelas, disaring, minum, sampai sembuh. ATAU  Daun wungu segar 10 g, daun sendok segar 15 g. dicuci bersih, rebus dengan 3 gelas air jadi 2 gelas. Saring minum siang hari Lakukan setiap hari  sampai sembuh.
2.  WASIR : Daun wungu segenggam,  pegagan segar segenggam, 3 tanaman tempuh wiyang seutuhnya, bawang merah 3 butir, adas 3 butir, pulosari 1/2 jari, rimpang kunyit 1/2 jari, di cuci dan di potong‑potong seperlunya. Rebus dengan 3 gelas air bersih sampai tersisa 2 gelas. Setelah dingin di saring, di bagi untuk 2 kali minum. Minum pagi dan sore hari.
3. BENGKAK TERPUKUL : Kulit batang secukupnya di tumbuk halus. Letakkan di atas bagian tubuh yang bengkak lalu di balut.
Ganti 2 kali sehari.
4.
BISUL PAYUDARA : Daun segar di cuci bersih lalu oleskan santan kelapa, kemudian layukan diatas api. Hangat‑hangat letakkan diatas payudara yang sakit.
5. MELANCARKAN HAID : Bunga kering 1 genggam, seduh dengan  5 gelas air panas. Minum menjelang haid.
6. SEMBELIT : Daun segar 7 lembar, rebus dengan 2 gelas air bersih jadi 1 gelas.
Saring, minum.
7.
SAKIT TELINGA : Daun bersih di tumbuk dan di peras, air perasannya untuk tetes telinga.

Share this:
Share this page via Email Share this page via Stumble Upon Share this page via Digg this Share this page via Facebook Share this page via Twitter

Leave a Reply

Kategori Produk
Madu Herbal Herbal Kering Beras Organik Aromatherapy
Tetes Mata Herbal Minuman Instan Kapsul Herbal
Paket Herbal
Kategori Informasi